Contents

Cerita LOUCA2023: Pengalaman Pertama menjadi Panitia dalam Event Open Source tingkat Asia

Halo, Perkenalkan saya Abi Permana, saya salah satu pengurus dari Komunitas Paguyuban Linux Solo. Pada tulisan ini saya akan menceritakan beberapa pengalaman saya sebagai panitia acara LOUCA2023. LOUCA2023 singkatan dari LibreOffice Conf. Asia x UbuCon Asia 2023 diselenggarakan secara kolaboratif oleh Komunitas LibreOffice Indonesia (LiberOffice ID), Ubuntu Indonesia (Ubuntu ID), Paguyuban Linux Solo, dan bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret sebagai penyedia tempat acara.

Perjalanan Awal

Perjalanan saya sebagai panitia lokal dimulai ketika saya dan teman - teman Komunitas Paguyuban Linux Solo pertama kali diundang Rania Amina untuk pertemuan daring bersama pengurus LibreOffice Indonesia dan Ubuntu Indonesia. Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa akan ada acara gabungan dari LibreOffice Conf. Asia dan UbuCon Asia di Indonesia, disampaikan juga bahwa Kota Surakarta menjadi salah satu kandidat kuat untuk menyelenggarakan acara tersebut. Saya dan teman - teman komunitas Paguyuban Linux Solo merasa tertantang dan bersemangat agar acara tersebut dapat terselenggara di Kota Surakarta. Saya pada waktu itu sebagai ketua komunitas Paguyuban Linux Solo ditunjuk sebagai Koordinator Panitia Lokal. Singkat cerita, kami berhasil bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret untuk menyelenggarakan acara LibreOffice Conf. Asia dan UbuCon Asia 2023 di Kota Surakarta. Saat itu belum ada istilah LOUCA2023, baru setelah beberapa kali rapat dengan panitia pusat yang terdiri dari pengurus LibreOffice Indonesia dan Ubuntu Indonesia istilah LOUCA2023 kita sepakati.

Tantangan

Selama mempersiapkan LOUCA2023, saya menghadapi banyak tantangan, termasuk masalah logistik, perizinan, dan koordinasi dengan dengan pihat terkait. Namun dengan adanya tantangan - tantangan tersebut membuat saya dan teman teman komunitas tetap solid dan saling membantu satu sama lain agar acara terlaksanana dengan baik. Bagi saya, tantangan - tantangan tersebut menjadi kesempatan yang berharga untuk tumbuh berkembang dan berkolaborasi. Salah satu tantangan terbesar saya dalam acara ini adalah sulitnya koordinasi dengan Himpunan Mahasiswa dan Kampus. Selain itu, saya dan teman - teman juga menghadapi kendala terkait banyaknya tugas yang harus selesai sebelum hari-H acara dan beberapa masalah yang muncul di lapangan ketika pelaksanaan acara LOUCA2023. Namun, semua kesulitan ini dapat segera diatasi dengan dukungan teman-teman panitia dan volunteer yang saling membantu satu sama lain.

Quotes
“Tidak ada acara tanpa kendala” ~ kata-kata dari teman dan mentor saya yang dulu pernah menyelenggarakan Event di Kota Solo.

Kolaborasi dan Komunitas

/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/komunitas.webp
Foto Bersama Panitia dan Volunteer LOUCA23

Kunci kesuksesan LOUCA 2023 adalah adanya kolaborasi erat dengan komunitas LibreOffice Indonesia, Ubuntu Indonesia, dan Paguyuban Linux Solo. Kami bekerja sama untuk menyusun acara dan topik yang menarik, mengundang pembicara terkenal, dan menyediakan peluang bagi para peserta untuk terlibat aktif dalam acara. Kami juga mendapat dukungan luar biasa dari komunitas lokal lainnya yang bersedia memberikan waktu dan tenaga untuk memastikan kesuksesan acara ini. Kolaborasi dengan mereka adalah salah satu aspek terbaik dari pengalaman saya ini.

Highlights Acara

Acara Utama LOUCA2023 yaitu terdiri dari 2 Hari pada hari sabtu - minggu tanggal 7-8 Oktober 2023 dan ada acara tambahan di hari senin tanggal 9 Oktober 2023 yaitu One Day Tour keliling Kota Surakarta untuk Panitia dan Pembicara. Berikut ini beberapa foto saat acara LOUCA2023 berlangsung

/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/track-libreoffice.webp
Salah Satu Pemateri Track LibreOffice
/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/track-ubuntu.webp
Salah Satu Pemateri Track Ubuntu
/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/peserta.webp
Peserta
/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/kelas-paralel.webp
Foto Salah Satu Sesi Kelas Paralel
/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/sesi-panel-diskusi.webp
Sesi Panel Diskusi Hari ke 2
/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/foto-bersama.webp
Foto Bersama Peserta LOUCA23

Pada hari sabtu - minggu tanggal 7-8 Oktober 2023 Malam ada Dinner untuk Panitia dan Pembicara. Berikut ini beberapa foto saat dinner.

/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/dinner-hari-1.webp
Dinner Hari ke 1
/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/dinner-hari-2.webp
Dinner Hari ke 2

Berikut ini beberapa foto saat One Day Tour Keliling Kota Surakarta.

/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/one-day-tour-2.webp
Foto One Day Tour
/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/one-day-tour.webp
Foto One Day Tour

Alhamdulillah acara LOUCA2023 secara keseluruhan berjalan dengan baik, lancar, dan sukses. Materi-materi yang disampaikan oleh para pembicara benar-benar menginspirasi.

Pelajaran yang Didapat

/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/local-heroes.webp
Local Heroes

Dari pengalaman ini, saya belajar bahwa kerja sama tim dan komunikasi adalah kunci keberhasilan dalam menyelenggarakan acara besar seperti LOUCA23. Saya juga menyadari pentingnya mengatasi rintangan dengan tekad dan semangat yang tinggi.

Kesimpulan

Menjadi koordinator panitia lokal LOUCA2023 menjadi salah satu pengalaman yang paling berharga dalam hidup saya. Saya berharap acara ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk berkontribusi dalam komunitas open source.

Penutup

Saya ucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada seluruh panitia atas bantuan dan dukungannya, kepada beberapa teman saya yang banyak memberikan saran dan inspirasi terkait persiapan dan pelaksanaan acara, dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih juga untuk Kelompok Linux Arek Suroboyo (KLAS), UKM Linux Nurul Fikri, dan Himpunana Mahasiswa PTIK UNS (Mikroptik) yang banyak membantu selama acara.

Saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam tulisan saya.

Sumber

/posts/cerita-louca2023-pengalaman-pertama-menjadi-panitia-dalam-event-open-source-tingkat-asia/sponsor.png
Sponsor